2/21/2013

Teori Belajar Aliran Psikologi Tingkah Laku


Thorndike 
Teori ini mengutamakan pula bahwa kualitas dan kuantitas hasil belajar siswa tergantung dari kualitas dan kuantitas Stimulus-Respon (S-R) dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. 
Kelebihan Teori Thorndike : Teori ini cenderung mengarahkan anak untuk berfikir linier, konvergen, tidak kreatif dan tidak . `teori ini bahwa belajar merupakan proses pembentukan atau shapping yaitu membawa anak menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan peserta didik untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi. 
Kelemahan Teori Thorndike : Teori ini sering kali tidak mampu menjelaskan situasi belajar yang kompleks, sebab banyak variabel atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan atau belajar yang tidak dapat diubah menjadi sekedar hubungan stimulus dan respon. 

Skinner 
Skinner menambahkan bahwa jika respon siswa baik (menunjang efektivitas pencapaian tujuan) harus segera diberi penguatan positif agar respon tersebut lebih baik lagi, atau minimal perbuatan baik itu dipertahankan.  
Kelebihan Teori Skinner : Pada teori ini, pendidik diarahkan untuk menghargai setiap anak didiknya. hal ini ditunjukkan dengan dihilangkannya sistem hukuman. Hal itu didukung dengan adanya pembentukan lingkungan yang baik sehingga dimungkinkan akan meminimalkan terjadinya kesalahan.  
Kelemahan Teori Skinner : Beberapa Kekeliruan dalam penerapan teori Skinner adalah penggunaan hukuman sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan siswa. Menurut Skinner hukuman yang baik adalah anak merasakan sendiri konsekuensi dari perbuatannya. Ausubel menekankan pada belajar bermakna yang mana belajar tidak hanya proses hafalan saja, akan tetapi lebih kepada pemaknaan dalam belajar. 

Ausubel
Teori belajar Ausubel secara umum memaparkan bahwa pembelajaran harus bermakna yang terbagi dalam dua dimensi yaitu penyampaian informasi dan penemuan. Teori ini terkenal dengan belajar bermaknanya dan pentingnya pengulangan sebelum belajar dimulai. Ia membedakan belajar menemukan dengan belajar menerima, jadi tinggal menghafalnya. Tetapi pada belajar menemukan konsep ditemukan oleh siswa, jadi tidak menerima pelajaran begitu saja. Selain itu untuk dapat membedakan antara belajar menghafal dengan belajar bermakna.


Gagne 
Teori ini lebih menekankan pada pengkondisian belajar yang melahirkan taksonomi dalam belajar.
Kelebihan Teori Gagne : 
• Gagne disebut sebagai modern noebehaviouristik mendorong guru untuk merencanakan pembelajaran agar suasana dan gaya belajar dapat dimodifikasi. 
• Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan kebiasaan yang mengandung unsur-unsur seperti kecepatan spontanitas kelenturan reflek, dan daya tahan.
Kekurangan Teori Gagne : 
• Pembelajaran siswa yang berpusat pada guru (teacher centered learning), dimana guru bersifat otoriter, komunikasi berlangsung satu arah, guru melatih dan menentukan apa yang harus dipelajari murid. 
• Bersifat meanistik 
• Hanya berorientasi pada hasil yang diamati dan diukur 
• Murid hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan guru dan menghafalkan apa yang didengar dan dipandang sebagai cara belajar yang efektif. 

Pavlov 
Pavlov mengemukakan konsep pembiasaan ( conditioning ). 
Kelebihan Teori Pavlov : Membentuk kebiasaan pada anak agar selalu membiasakan kebersihan, kerapihan, kesehatan, kejujuran, dan sebagaimya.  

Baruda 
Teori inil ebih menfokuskan pada belajar meniru yang mana siswa belajar dengan meniru orang lain terlebih gurunya sendiri.  
Kelebihan Teori Baruda : Teori Baruda lebih lengkap dibandingkan teori belajar sebelumnya , karena itu menekankan bahwa lingkungan dan perilaku seseorang dihubungkan melalui system kognitif orang tersebut.  
Kelemahan Teori Baruda : jika manusia belajar atau membentuk tingkah lakunya dengan hanya melalui peniruan ( modeling ), sudah pasti terdapat sebagian individu yang menggunakan teknik peniruan ini juga akan meniru tingkah laku yang negative , termasuk perlakuan yang tidak diterima dalam masyarakat.  

Teori Latihan Mental 
Jika anak atau siswa ingin pandai, maka ia harus dilatih otaknya dengan cara banyak berlatih memahami dan mengerjakan soal-soal yang benar, makin sukar materi itu makin pandai pula anak tersebut. 
Kelebihan Aliran Latihan Mental : 
1. Siswa menjadi rajin belajar. 
2. Menjadikan siswa menjadi tidak mudah putus asa. 
3. Mengingat materi cukup lama, karena sering berlatih. 
4. Terbentuknya mental yang baik.  
Kelemahan Aliran Latihan Mental: 
1. Jika siswa tidak kuat mengikuti pelajaran tersebut, maka ia akan berputus asa dan malas untuk belajar. 
2. Jika latihan dilakukan terus menerus tanpa istirahat bisa membuat siswa stress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar